Layout dan Fasad Pengembangan Rumah Tipe 36 (bagian 3)

Posted by rulli rosalli - arsitek on Maret 07, 2011 with 4 comments
Project : Pengembangan Rumah Tipe 36
Lokasi : Cihanjuang - Cimahi Bandung.
Pemilik : Mba Yuanita L
Arsitek : Rulli Rosalli, ST.Ars
Tahun : 2011







Setelah asistensi tahap 1 lalu dilanjutkan ke asistensi tahap 2, Allhamdulillah Layout ruang yang saya ajukan kepada Mba Nita akhirnya mendapatkan persetujuan. Layout Alternatif 1 yang kami ajukan sesuai dengan rekomendasi begitu juga dengan desain fasad/tampak rumah yang saya ajukan pada tahap asistensi kedua via e mail juga sudah langsung disetujui.

Fasad Rumah hasil pengembangan ini tidak ditampilkan terlalu berbeda, dengan tipe rumah-rumah eksisting. Penggunaan bentuk jendela ruang tamu yang kami pasangkan di ruang kamar tidur dimaksudkan untuk tetap menampilkan bentuk jendela awal juga untuk memberikan bukaan yang lebih besar kedalam kamar tidur.
Begitu juga dengan jendela ruang tamu dan kamar tidur atas tetap mengadopsi jendela kaca yang memanjang pada bagian muka rumah eksisting, namun jendela lebar dan tinggi yang saya pasang dapat dibuka lebar ke arah luar.


Balkon dilantai atas sebagai teras atas selain elemen estetis dapat digunakan untuk duduk bersantai memandang ke arah timur dimana kota bandung cukup terlihat dari ketinggian di Cihanjuang ini. Warna-warna yang digunakan adalah dominan abu-abu. Namun kehadiran warna merah didekat balkon ditambah dengan susunan batu sisir mulai dari teras lantai dasar melewati balkon hingga batas atap. Plus plester kasar yang dicat warna coklat muda
diharapkan dapat memberikan efek yang diharapkan mampu menarik pandangan.
Namun Penggunaan batu ini dapat berubah karena penyesuaian dengan tampilan bangunan sekitar dan budget yang ada. Karena Pak Fadjar dan Mba Nita, menginginkan penggunaan batu yang lebih menarik namun tidak lebih berbeda sehingga rumah ini menjadi berbeda sendiri dengan yang lain.

Setelah disetujuinya denah serta fasad rumah, ini artinya Mba Nita tinggal menunggu hasil perhitungan biaya pembangunan (RAB) dari team untuk mengetahui budget yang harus dipersiapkan untuk memproses pembangunan rumah tinggal Mba Nita di Cihanjuang.
Semoga team dapat memenuhi segala keinginan Mba Nita dengan baik. 
Amin.
Categories: